ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA TRANSSHIPMENT METODE VOGEL APPROXIMATION METHOD (VAM) DENGAN LINGO PADA DISTRIBUSI SEPEDA MOTOR DI PT. ABC

Authors

  • Muhammad Rifky Zulfikar Universitas Widyatama
  • Andhika Putrana Isdy Universitas Widyatama
  • Febri Haryadi Universitas Widyatama
  • Muchammad Fauzi Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.46306/tgc.v1i1.1

Keywords:

Transshipment, Vogel Approximation Method , LINGO, Biaya

Abstract

Transshipment adalah aktivitas pemindahan suatu barang dari tempat asal ke tujuan melalui titik persinggahan, sehingga konsumen tidak menerima barang yang dipesan secara langsung dari pabrik melainkan melalui distributor. Metode transshipment bertujuan untuk memilih rute pengiriman yang paling optimal untuk memenuhi setiap permintaan di lokasi yang berbeda. Hal itu menyebabkan perhitungan dan pertimbangan diperlukan guna meminimalisir biaya yang timbul akibat transhipment yang belum optimal. Penelitian ini akan berfokus pada perusahaan penjual motor yang memiliki 2 buah titik asal, 3 buah titik persinggahan dan 3 buah titik tujuan sehingga dapat dicari rute mana yang menimbulkan biaya paling efisien. Data yang digunakan merupakan data sekunder dari penelitian sebelumnya dengan menggunakan metode Vogel Approximation Method (VAM) dan akan diselesaikan menggunakan software LINGO. Hasil yang didapat dari software LINGO akan dibandingkan dengan hasil penelitian sebelumnya, dengan harapan hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi pihak perusahaan dalam meminimumkan cost dari pengiriman barang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.Wahyudi, H. Hidori, & P. Wibowo,.(2020). Bulletin of Applied Industrial Engineering Theory. Meminimumkan Biaya Distribusi Susu Bayi Dengan Model Transhipment Di PT Kamadjadja Logistics.

B.Budiani, Siti A.D., & Namun M.S. (2020). Airlangga Journal of Innovation Management. Transshipment Dengan Program LINGO Dalam Distribusi Produk Multivitamin.

Devani, V., & Kartika, P. (2020). Jurnal Ilmiah Teknik Industri. Optimasi Produksi Crumb Rubber Dengan Menggunakan Linear Programming, 8, 140-147.

Muhammad, G. N., Fadilah, R., & Fauzi, M. (2020). Jurnal Teknik Industri. Optimalisasi Biaya Distribusi Beras Subsidi Dengan Model Transshipment, 6.

Syaripuddin. (2012). Jurnal EKSPONENSIAL. Penyelesaian Masalah Transshipment Menggunakan Vogels’s Approximation Method (VAM), 3.

Yanuar, R. R. (2020, 10 01). Skripsi. Analisis Distribusi Dengan Menggunakan Metode Vogel Approximation Method (VAM) Pada CV. Trans Agro Nusantara. Indonesia.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Zulfikar, M. R. ., Isdy, A. P. ., Haryadi, F. ., & Fauzi, M. . (2021). ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA TRANSSHIPMENT METODE VOGEL APPROXIMATION METHOD (VAM) DENGAN LINGO PADA DISTRIBUSI SEPEDA MOTOR DI PT. ABC. Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.46306/tgc.v1i1.1